Keanekaragaman Tumbuhan Langka Kantung Semar di Taman Wisata Alam Sicikeh-Cikeh

Selasa, 12 Oktober 2010

Nepenthes spp. (Kantung Semar) tergolong kedalam 'tumbuhan penjebak serangga'  yang  sering juga disebut sebagai ‘Insectivorous plant’. Nepenthes spp. memiliki kantung unik yang berfungsi sebagai sumber hara seperti nitrat dan fosfat. Umumnya Nepenthes spp. hidup  dekat dengan sumber air seperti sungai atau pun rawa, namun Nepenthes spp juga ditemukan tumbuh subur di tempat-tempat terbuka atau agak terlindung di habitat yang miskin unsur.
Hutan hujan tropis adalah surganya para Nepenthes yaitu hutan hujan tropis dataran rendah, hutan pegunungan, hutan gambut, hutan kerangas, gunung pasir, padang savana dan pinggiran danau.
Nepenthes spp. adalah tumbuhan unik dan langka, namun eksploitasi secara berlebihan secara terus-menerus dari alam untuk kepentingan ekonomi semata, degradasi hutan yang mengancam habitat alami dari Nepenthes spp. memperburuk keberadaannya di alam.
Kawasan Taman Wisata Alam Sicikeh-cikeh tergolong ke dalam hutan gambut dataran tinggi yang berbeda dengan hutan gambut dataran rendah, terutama pada faktor lingkungannya. Perbedaan ini tentu saja berpengaruh terhadap  keanekaragaman tumbuhan yang ada termasuk Nepenthes spp. Kawasan ini mempunyai tiga danau yang disekelilingnya banyak ditemukan Nepenthes spp.
A.      Jenis-Jenis Nepenthes spp.
Nepenthes spp. yang ditemukan di sekitar danau satu, danau dua dan danau tiga  Taman Wisata Alam (TWA) Sicikeh-Cikeh, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara ditemukan 6 jenis Nepenthes spp., yaitu N. gymnamphora, N. rhombicaulis, N. spectabilis, N. tobaica, N. reinwardtiana dan N. rigidifolia x N. spectabilis
No
Family
Genus
Spesies
1
Nepenthaceae
Nepenthes
N. gymnamphora Nees
2
N. rhombicaulis Sh. Kurata
3
N. spectabilis Danser
4
N. tobaica Danser
5
N. reinwardtiana Miq
6
N. rigidifolia x N. spectabilis

B.      Distribusi Nepenthes spp. Di Ketiga Danau Di Taman Wisata Alam Sicikeh-Cikeh.
Distribusi Nepenthes spp. di Kawasan Taman Wisata Alam Sicikeh-Cikeh dibagi berdasarkan tiga danau yang terdapat di kawasan tersebut, yaitu:
No
Spesies
Lokasi
Danau I
Danau II
Danau III
1
Nepenthes reinwardtiana Miq.
+
-
+
2
Nepenthes tobaica Danser.
+

+
3
Nepenthes spectabilis Danser.
+
+
+
4
Nepenthes rhombicaulis Sh. Kurata                      
-
-
+
5
Nepenthes gymnamphora Ness
+
-
-
6
Nepenthes rigidifolia x Nepenthes spectabilis
+
-
+
Keterangan : (+) Ditemukan 
                     (-)  Tidak Ditemukan
Nepenthes reinwardtiana Miq.

Nepenthes rhombicaulis

0 komentar:

Posting Komentar